Senin, 22 Oktober 2018

FATHER TOUCH ( Pelukan Sang Ayah )

"FATHER'S TOUCH".
( Pelukan Sang Ayah )

Suhefriandi

Saat ayah memeluk, menyentuh anak anak nya sesungguhnya ia sedang mentransfer kemampuan dan kemandirian pada diri anak. Selain itu aspek yang sifatnya berani berinteraksi dengan figur otoritas yang dimiliki ayah.
Hmmmm....dalem sekali maknanya.

" Coba, kita lihat di keseharian kita,  mana anak yang diantar ayah, kakek atau om atau pakdhenya dalam kegiatan anak anak kita, kesekolah, ketempat lest atau ke tempat tempat lain nya?.." kita bandingkan perkembangan sang anak yang di antar sang ibu atau orang lain seperti pegawai kita yang bekerja bersama kita..

Tak heran jika banyak anak perempuan yang dekat dengan ayahnya akan tumbuh sebagai pribadi yang tangguh. Tentu tak heran pula jika banyak para gadis kemudian berusaha mencari dan menikahi laki-laki pujaannya kelak yang memiliki sifat dan sikap seperti ayah yang dikaguminya.

Sedangkan pelukan dari ibu akan mentransfer sifat penuh kasih atau empati pada anak. Ibu itu figur afeksi, yang ketika anak sakit, ia akan memeluk anak maupun mengambilkan obat untuk anak. Anak yang sering mendapat pelukan ibu akan menjadi pribadi yang mudah memberikan kasih sayang atau rasa simpati kepada orang lain.

Ditilik dalam kehidupan nyata, ayah memang tak selalu intens dalam memberikan pelukan kepada anak.

Bisa jadi, ayah yang sulit memeluk dulunya juga mungkin jarang dipeluk....(ehmmmm.....)

Karena si ayah tumbuh dan berkembang jarang dipeluk, ia akan melakukan hal yang sama kepada anaknya. Tetapi kalau ia biasa dipeluk, ia akan memeluk anaknya. Dalam penelitian yang dirilis dalam buku The Miracle of Hug, mengungkap bahwa pelukan orangtua kepada anaknya dapat membangun konsep diri yang positif, mengurangi emosi negatif seperti kesepian, cemas atau frustasi, serta meningkatkan kecerdasan otak, merangsang keluarnya hormon oksitosin yang memberikan perasaan tenang pada anak.

Dengan pelukan pula, anak akan merasa dicintai dan dihargai. Anak yang sering mendapat pelukan dari orang tuanya akan lebih efektif sembuh dari depresi, dan akan timbul rasa percaya dirinya untuk menyelesaikan berbagai permasalahan. Bahkan, pelukan saat inisiasi dini, sesaat setelah bayi terlahir ke dunia, akan mentransfer sejenis mikroorganisme yang membuat daya tahan tubuh bayi semakin kuat.

Tak perlu khawatir dengan mitos yang mengatakan bahwa anak yang sering mendapat pelukan akan menjadi cengeng. Lupakan paradigma kalau anak saya laki-laki harus bermental kuat, kalau dipeluk-peluk nanti melempem.

Enyahkan pikiran kalau anak saya cuman perempuan satu-satunya ini, dengan didikan "kenceng" supaya dia mandiri tidak manja.

Tegas, mandiri, kuat tidak harus dibentuk dengan kekerasan (verbal atau fisik sekalipun).

Banyak pakar yang sudah ber-quotion bahwa sentuhan dan pelukan orangtua kepada anaknya sungguh memiliki kehebatan luar biasa yang tidak dimiliki obat-obat ciptaan dokter di dunia.

Jadi, siapkan sentuhan dan pelukan terbaik untuk anak-anak tersayang.

Minta maaflah dan istighfarlah sudah sering bertindak "kasar" kepada anak-anak.

Para Ayah

Sudah berapa kalikah kita memeluk anak kita hari ini..
Sudah berapa kali kah kita transfer hal hal positif yang ada pada kita pada anak anak kita
Siapakah yang mengantarkan anak kita sekolah dan menyemputnya hari ini

1 komentar:

  1. This is how my acquaintance Wesley Virgin's story begins in this shocking and controversial video.

    As a matter of fact, Wesley was in the military-and soon after leaving-he found hidden, "mind control" tactics that the government and others used to get everything they want.

    THESE are the same secrets many celebrities (notably those who "come out of nowhere") and top business people used to become rich and successful.

    You probably know how you only use 10% of your brain.

    That's mostly because most of your BRAINPOWER is UNCONSCIOUS.

    Maybe this thought has even taken place IN YOUR very own mind... as it did in my good friend Wesley Virgin's mind 7 years ago, while driving an unlicensed, garbage bucket of a car with a suspended license and with $3.20 on his bank card.

    "I'm so frustrated with living payroll to payroll! Why can't I become successful?"

    You took part in those types of conversations, isn't it so?

    Your very own success story is waiting to happen. All you have to do is in YOURSELF.

    WATCH WESLEY SPEAK NOW

    BalasHapus