Senin, 28 Maret 2016

MENTAL BLOCK DALAM DIRI

INGIN TAHU DAN SANGAT PENASARAN APA ITU MENTAL BLOCK DAN BAGAIMANA CARA MENGHANCURKANYA..?

Suhefriandi

Mental block adalah salah satu penghambat Anda untuk mencapai tujuan atau impian. Mental Block itu simpelnya adalah bisikan-bisikan hati Anda yang mengajak Anda untuk meragukan kemampuan diri sendiri.

Mental block inilah yang menghambat orang meraih sukses. Misal,, seorang sales / marketing harus mendatangi 4-6 pelanggan setiap harinya. Berhubung ada mental block takut ditolak, akhirnya dia hanya mendatangani 1-2 pelanggan.

“ Dengan adanya mental block, maka dia akan merasa takut atau tidak nyaman bertemu orang. Padahal kalau ingin sukses, seorang tenaga penjual harus bisa menghilangkan mental block agar produknya dikenal banyak orang,”

Seorang marketing dari sebuah perusahaan nasional pada suatu kesempatan berbagi cerita dengan saya. Ia tergolong marketing yang cukup rajin di perusahaannya. Selain itu rajin juga dalam mengikuti pelatihan yang diberikan perusahaannya, serta rajin membaca untuk pengembangan dirinya terutama dalam meningkatkan hasil penjualannya.

Dia bercerita mengenai kendala yang dihadapinya yaitu dari tahun ke tahun, pencapaiannya tidaklah pernah menembus angka tertentu. Rasanya selalu ada batasan dalam dirinya yang menghambat untuk menciptakan terobosan dalam hasil penjualannya.

Hal ini ternyata terjadi sudah bertahun-tahun lamanya dan cukup mengganggu seperti seolah-olah ada tembok yang membatasinya.

Nah, apakah Anda pernah mengalami hal yang sama seperti yang terjadi di atas atau pernah mengetahui hal yang sama yang mungkin juga terjadi dalam kehidupan orang di sekitar kita?

Inilah yang dinamakan 'mental blok' yang disebabkan oleh karena adanya sabotase diri. Sabotase diri ini biasanya terjadi karena adanya kepercayaan (belief) dan nilai-nilai (value) yang saling bertentangan yang ada di dalam diri kita.

Umumnya, konflik ini terjadi di antara pikiran sadar (consciouness) dengan pikiran bawah sadar (unconciousness) yang telah tertanam sekian lama. Untuk Anda ketahui saja, saat pikiran sadar dan pikiran bawah sadar mulai bertentangan, biasanya pikiran bawah sadarlah yang keluar sebagai pemenang!

Pertentangan kepercayaan dan nilai ini terjadi secara tidak sadar dalam proses yang cukup panjang. Seorang marketing yang selalu mengalami batasan dalam pencapaian sales ini pun setelah berkonsultasi dengan saya, akhirnya didapati pula batasan yang terjadi dalam dirinya terpengaruh oleh kepercayaan dan nilai-nilai dalam dirinya yang salah.

Marketing ini ternyata dimasa lalunya sewaktu masa remaja sering membantu orang tuanya berjualan. Ia cukup rajin membantu berjualan dan hasilnya pun cukup baik, sampai suatu ketika karena barang yang akan dijual itu hanya stoknya terbatas, akhirnya dia dimarahi oleh orangtuanya supaya tidak perlu terlalu bersemangat dalam berjualan.

Ternyata hal ini secara tidak sadar memengaruhi kepercayaan dan nilai dalam dirinya. Akhirnya, tiap kali mau mencapai target tertentu, tiba-tiba ia mendadak menjadi tidak bersemangat untuk membuat hasil penjualan yang melampaui targetnya.

Mental block bagaikan dinding penghalang jalan kesuksessan Anda. Dinding tinggi yang menghambat pikiran dan diri Anda untuk tumbuh dan mengembangkan potensi luar biasa yang telah tersedia dalam diri Anda.

Siapa sesungguhnya yang menciptakan dinding tinggi penghalang itu?

Silakan Anda mulai pikirkan dan tanyakan ke dalam diri Anda. Benarkah dinding penghambat itu diciptakan oleh orang lain atau sesuatu di sekitar Anda atau diciptakan oleh sesuatu di luar diri Anda?

Atau Anda sendiri yang menciptakan dinding tinggi penghalang itu?

Benarkah, orang lain atau sesuatu tadi bisa datang tiba-tiba kepada Anda lalu membangun dinding tinggi penghalang itu?

Jika, benar, mengapa Anda mengijinkannya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar