Jumat, 25 September 2015

" GAGOAN PANINGGAHAN " SPOT PEMANDANGAN ALA EROPA "

Suhefriandi
( Pesantren Terpadu Serambi Mekkah )

      Gagoan Paninggahan, sebuah keindahan Alam yang diletak kan oleh Allah Ta'alla di sebuah kecamatan yang terdiri dari dua nagari ( Nagari Paninggahan & Nagari Muara Pingai ) Sebuah spot berkelas Eropa..

       Paninggahan berjarak 22 Km dari pusat Kabupaten Solok dan 91 Km dari kota Padang dimana pusat pemerintahan propinsi berada. Daerah yang berada disebelah Utara Kabupaten Solok ini dapat dicapai melalui beberapa pintu masuk. Pertama,dari pusat kabupaten atau kota Solok terus ke Sumani-Saningbakar- Muaro Pingai- Paninggahan atau kedua meneruskan perjalanan dari alternatif pertama itu sedikit berputar dan lebih jauh melalui Singkarak- Batutaba-Kacang- Omblin terus belok kiri di Simpang Payo- Malalo- Paninggahan. Begitupun kalau dari arah Padang-Pariaman atau Bukitinggi- Padang Panjang belok kanan di Simpang Payo-Malalo- Paninggahan. Berada dipinggir danau Singkarak dengan akses jalan melingkar menjadikan daerah Paninggahan dapat diterobos melalui beberapa arah pintu masuk tentunya. Dan kalau mau dan tersedia sarana transportasi air, untuk menuju Paninggahan dan daerah sekitarnya juga dapat dilakukan melalui jalur air Danau Singkarak.

         Paninggahan memiliki luas wilayah 95,50 Km2 terbagi kedalam enam wilayah jorong; Subarang, Parumahan, Kotobaru-Tambak, Kampung Tangah, Gando dan Ganting Padang Palak. Wilayah seluas 95,50 Km2 itu dimanfaatkan untuk areal persawahan 579 ha dan lahan kritis 2.700 ha. Sisa lahan seluas 6.253 ha dapat diperkirakan pemanfaatannya sebagai pemukiman, ladang/huma, hutan rakyat/nagari, hutan negara, tebat/kolam/empang.

          Paninggahan memiliki batas alami wilayah meliputi; sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Tanah Datar, Sebelah Timur Berbatasan dengan Danau Singkarak, sebelah Selatan dengan Muaro Pingai dan sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Padang Pariaman.

         Secara astronomis, daerah ini berada pada 0,310 – 1,450 LS, 100,250 – 101,410 BT. Bentangan alam yang bergelombang dengan hamparan bukit dari jajaran bukit barisan. Seperti wilayah lainnya di Indonesia yang beriklim tropis, Paninggahan berada pada ketinggian 400-600 meter diatas permukaan laut. Suhu udara menunjukkan sedang dengan temperatur 190 – 280C. Suhu rata-rata mencapai 220 C, dengan kelembaban rata-rata 83%.

Berdasarkan penyelasan penulis diatas, sangat mudah untuk menuju ke daerah sangat Indah ini, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak mengunjungi daerah yang baru baru ini sangat ramai di kunjungi oleh para wisatawan lokal dari berbagai daerah di Indonesia, dan menjadi Tranding Topik di Media Sosial.. sebuah daerah yang Memiliki Spot Pariwisata Ketinggian sekelas Eropa.. ya.. Gagoan Paninggahan, Spot Pariwisata  Eropa..

Gagoan Paninggahan ini, berada di Ketinggian sedang dari rata rata ketinggian Bukit bukit barisan yang berjejer mengitari daerah ini... Sebuah spot Pariwisata yang masih Alami.. berada diantara bebatuan yang ada disana, tiupan Angin yang sepoi sepoi, berdiri di Antara tebing bukit yang tinggi dan jurang yang sangat dalam, disuguhkan pemandangan ilalang yang sangat luas, Pemandangan danau Singkarak yang terlihat penuh, pohon pohon puluhan meter Tinggi nya di bukit sebelah seolah-olah berada puluhan kilo meter berada di bawah telapak kaki kita.. Sungguh Pemandangan yang Sangat indah.. Sejenak mempu memberikan rasa Relaxasi dalam fikiran kita.. Allahu Akbar... Sungguh indah ciptaan-NYA

Berada di Spot ala Eropa ini, seolah olah kita tidak sedang berada di Negara Indonesia Tercinta ini, Seolah olah tempat ini seperti tempat Pembuatan film Lord of The Ring.. kita berada di sudut sebuah bukit yang tandus, sedangkan sekeliling kita ada bukit bukit yang hijau dengan hutan yang sangat lebat... Sungguh Sangat luar biasa...

Kita berharap, Pemerintah ( pusat, Provinsi, kabupaten, Nagari ) Mampu mengelola dan mengembangkan anugerah keindahan yang telah diberikan Oleh Allah Ta'alla ini dengan sangat baik..

Pesan untuk warga sekitar Paninggahan, tolong jaga kebersihan spot Pariwisata ini, jangan ada Pungutan pungutan apapun.. Jangan ada pungutan pungutan apapun pada pengunjung... biarkan setiap pengunjung menikmati keindahan Alam ini...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar