Oleh : Suhefriandi
( Pengajar di Pesantren Terpadu Serambi Mekkah )
Pentingnya Peran Visi dan Misi
Dalam hal pencapaian suatu tujuan di perlukan suatu perencanaan dan tindakan nyata untuk dapat mewujudkannya, secara umum bisa di katakan bahwa visi dan misi adalah suatu konsep perencanaan yang disertai dengan tindakan sesuai dengan apa yang di rencanakan untuk mencapai suatu tujuan.
Faktor-faktor Penyusunan Visi dan Misi:
• Sejarah
• Preferensi Masa Kini
• Lingkungan Pasar
• Sumber Daya
• Kompentensi yang membedakan
Menurut Wibisono (2006, p. 43), visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan. Dapat dikatakan bahwa visi merupakan pernyataan want to be dari organisasi atau perusahaan. Visi juga merupakan hal yang sangat krusial bagi perusahaan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang.
Dalam visi suatu organisasi terdapat juga nilai-nilai, aspirasi serta kebutuhan organisasi di masa depan seperti yang diungkapkan oleh Kotler yang dikutip oleh Nawawi (2000:122), Visi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi, kelompok masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi dan cita-cita masa depan.
Jadi dapat disimpulkan bahwa visi adalah cita - cita atau impian sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan untuk menjamin kelestarian dan kesuksesan jangka panjang.
Visi membicarakan hal-hal sebagai berikut:
1. Wawasan yang menjadi tolak ukur pertumbuhan bisnis Anda.
2. Sosok Anda atau usaha Anda di masa mendatang.
3. Bentuk usaha Anda sebesar apa.
4. Alasan Anda memasuki usaha di bnidang tersebut
5. Imajinasi mengenai posisi usaha Anda dan kemana bisnis Anda mau di bawa.
Visi yang ideal harus sebagai berikut:
· Sederhana (simple)
· Terukur (measurable)
· Tejangkau (reachable)
· Beralasan (reasonable)
· Ambisius
· Periode waktu (time frame)
· Bersifat strategis (strategic)
· Bersifat strategis (strategic)
· Perspektif kondisi
· Komunikatif
Tujuan penetapan visi perusahaan,yaitu:
· Mencerminkan sesuatu yang akan dicapai perusahaan.
· Memiliki orientasi pada mas adepan perusahaan.
· Menimbulkan komitmen tinggi dari seluruh jajaran dan lingkungan perusahaan
· Menentukan arah dan fokus strategi perusahaan yang jelas
· Menjamin kesinambungan kepemimpinan organisasi perusahaan
Syarat dan Kriteria Visi Perusahaan:
· Dapat dibayangkan oleh seluruh jajaran organisasi perusahaan
· Dapat dikomunikasikan dan dapat dimengerti oleh seluruh jajaran organisasi perusahaan
· Berwawasan jangka panjang dan tidak mengabaikan perkembangan zaman
· Memiliki nilai yang memang diinginkan oleh anggota organisasi perusahaan
· Terfokus pada permasalahnan instansi perusahaan agar dapat beroperasi
Misi (mission) adalah apa sebabnya kita ada (why we exist / what we believe we can do). Menurut Prasetyo dan Benedicta (2004:8), Di dalam misi produk dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan, pasar yang dilayani dan teknologi yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam pasar tersebut.
Pernyataan misi harus mampu menentukan kebutuhan apa yang dipuasi oleh perusahaan, siapa yang memiliki kebutuhan tersebut, dimana mereka berada dan bagaimana pemuasan tersebut dilakukan. Menurut Drucker (2000:87), pada dasarnya misi merupakan alasan mendasar eksistensi suatu organisasi.
Pernyataan misi organisasi, terutama di tingkat unit bisnis menentukan batas dan maksud aktivitas bisnis perusahaan. Jadi perumusan misi merupakan realisasi yang akan menjadikan suatu organisasi mampu menghasilkan produk dan jasa berkualitas yang memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan pelanggannya (Prasetyo dan Benedicta, 2004:8).
Menurut Wheelen sebagaimana dikutip oleh Wibisono (2006, p. 46-47) misi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan atau alasan eksistensi organisasi yang memuat apa yang disediakan oleh perusahaan kepada masyarakat, baik berupa produk ataupun jasa. Jadi dapat disimpulkan bahwa Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh lembaga dalam usahanya mewujudkan Visi.
Dalam operasionalnya orang berpedoman pada pernyataan misi yang merupakan hasil kompromi intepretasi Visi. Misi merupakan sesuatu yang nyata untuk dituju serta dapat pula memberikan petunjuk garis besar cara pencapaian Visi.
Unsur-unsur pokok sebuah misi adalah sebagai berikut:
· Kiat dan usaha untuk mewujudakan visi
· Nilai-nilai dasar organisasi yang dinyatakan dalam misi organisasi
· Segmen pasar dan pelanggan
· Pernyataan tentang produk atau jasa yang di masuki (dijualnya)
· Keyakinan yang kuat, asumsi-asumsi dan budaya kerja dengan orientasi mutu
· Pernyataan strategis jangka panjang dan jangja pendek
Misi akan efektif bila bersifat:
· Ringkas dan jelas
· Unik
· Fleksible
· Bisa membantu untuk mengambil keputusan
· Budaya perusahaan
· Memberikan inspirasi
Cara Merumuskan Misi Perusahaan:
— Melibatkan pihak-pihak yang berkepentingan
— Menyelaraskan kegiatan proses utama dengan sumber daya yang ada, untuk memeungkinkan perusahaan melaksanakan kegiatannya lebih baik dan dengan seefesien mungkin
— Menentukan lingkungan yang sangat berguna untuk menentukan apakah misi organisasi perusahaan tidak bertentangan secara internal dan eksternal
Fungsi Misi:
— Memberikan arah usaha
— Memfokuskan langkah-langkah yang akan diambil
— Objektif, target dan program perusahaan dirancang berdasarkan misi yang suadah dibentuk
— Membimbing aksi dalam berbagai tingkat
— Membantu mencegah karyawan agar tidak salah melangkah
Pesantren Terpadu Serambi Mekkah
Kota Padang Panjang Sumatera Barat
Menerima Santri/ Santriwati Baru
Tp. 2015/2016
Tingkat SMP-SMA-MA
Tlp PUSAT INFORMASI 0752 84169
web. www.pesantrenterpaduserambimekkah.sch.id
Panpage: Pesantren Terpadu Serambi Mekkah ( PTSM )
FB : Pesantren Terpadu Serambi Mekkah
Youtube : pesantren terpadu serambi mekkah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar