Selasa, 23 Februari 2016

HAL - HAL YANG PERLU DI PERSIAPKAN SAAT PUTRA PUTRI MASUK PESANTREN

Suhefriandi, S.pd, MM

Hal yang Perlu Dipersiapkan saat Masuk Pesantren

      Bapak ibu, Ayah bunda.. Alhamdulillah memiliki anak yang memilih masuk pesantren, Jangan sampai kalang kabut dan kurang persiapan. Kendatipun ini adalah kali pertama buat Ayah bunda mengalami apalagi di keluarga juga belum ada yang punya pengalaman.

Seandainya ayah, bunda belum mengetahui seperti apa kehidupan santri selama Mondok.. Ayah bunda bisa menghubungi Pusat Informasi Pesantren yang bisa bunda hubungi seperti di Pondok Pesantren Terpadu Serambi Mekkah ( 0752 84169 ) Ayah bunda bisa saja menelpon ke nomor nomor informasinya.. Ayah bunda bisa bertanya.. Apa saja kegiatan anak selama di Pesantren.. Nah tentunya ayah bunda juga bisa menanyakan.. Apa saja yang sudah disiapkan oleh Pesantren tersebut sebagai Paket masuk di Pesantren seperti ( dapat seragam, dapat kasur +bantal + selimut, dapat baju koko, dapat sarung, dapat tas buat ke loundry, silahkan ayah bunda bertanya selengkap lengkap nya.. Jangan sampai di Pondok Pesantren nanti ada ada saja yang kurang di siapkan.. atau di telpon berkali kali oleh putra / Putri Tercinta..

"Ayah, Bunda, tolong bawain sandal lagi donk"
"Ayah, Bunda, tolong beliin baju koko lagi"
"Ayah Bunda, celana dalamnya kurang"
" Ayah Bunda Sikat gigi dan odol nya nggak kebawa "..

Nah.. Ayah bunda pasti tersenyum senyum memenuhi permintaan putra putri nya bukan.. ?..

Haisshhh

Puyeng yaaa..ada saja benda-benda yang ketinggalan :).

Berikut daftar hal wajib yang perlu disiapkan, terutama untuk santri putra. Persiapan untuk santri putri agak mirip-mirip, beda di perlengkapan sholat, baju, & celana panjang.

1. Siapkan Al - Qur'an Ukuran besar dan Al qur'an Saku ( ukuran kecil )

    Al-Qur'an sangat penting sekali kita siapkan menyelang keberangkatan anak ke Pesantren, Al-Qur'an tersebut sudah banyak tersedia di pesantren ( koperasi pesantren ). Ajak putra putri ayahnda, bunda membeli Al-Qur'an yang mereka sendiri yang memilih nya.. biasanya kalau mereka yang memilih.. mereka akan membawa Al-Qur'an tersebut selalu.. Jangan lupa langsung menuliskan nama putra putri ayah bunda di tempat yang bisa dituliskan nama, asal daerah dan nomor telepon Ayah bunda sekalian...

2. Baju koko

Baju koko ini wajib disiapkan. Tidak hanya 1-2 pcs, tapi siapkan 4-5 pcs. Jika memungkinkan, jadikan 7 agar tiap hari mereka bisa berganti-ganti baju koko.  Baju ini diperlukan saat anak-anak sholat ke masjid. Mereka harus berdandan rapi dengan baju koko plus sarung.
Untuk santri putri, perbanyak baju muslim semacam baju kurung atau baju berlengan panjang lainnya.

3. Jubah dan Imamah

    Ayah bunda.. Jubah dan imamah ini di pakai putra ayah bunda untuk sholat juga.. dan kebanyakan santri juga memakai nya dalam keseharian Mereka.. walaupun jubah dan Immamah ini di jual juga di koperasi Pesantren ada baik nya juga di siapin juga dari rumah agak beberapa potong... jangan lupa di kasih nama putra nya ya ayah bunda..

4. Sarung

       Sarung merupakan benda wajib berikutnya yang wajib dimiliki dan dibawa. Lagi-lagi tak cukup 2 pcs, minimal 3-4 pcs. Karena benda satu ini lebih wajib ketimbang celana panjang untuk dikenakan saat berangkat sholat dan mengaji di masjid. Anak-anak pondok umumnya akan berganti-ganti sarung seperti berganti-ganti celana. Jadi wajib menyiapkan lebih dari 2 pcs.

Untuk santri putri, persiapkan mukena

5. Kopiah atau peci putih

     Kopiah/ peci putih diperlukan untuk sholat, mengaji, dan berbagai keperluan ibadah. Kopiah hitam sering di butuhkan untuk keperluan resmi, seperti saat masuk pasukan pramuka atau khutbah. Kopiah putih untuk sehari- sehari seperti mengaji atau belajar.

Untuk santri putri, siapkan beberapa potong jilbab, untuk sehari-hari maupun jilbab yang lebih formal untuk kegiatan lebih resmi. Untuk pemakaian sehari-hari bisa disiapkan sekitar 4-6 pcs jilbab. Untuk yang lebih formal bisa 1-2 pcs saja.

6. Sandal dan sepatu

     Sandal merupakan perlengkapan vital untuk mobilisasi di dalam pondok. Mereka umumnya membutuhkan sandal lebih banyak untuk cadangan. Beberapa sandal bisa juga disiapkan untuk kebutuhan yang berbeda. Misal sandal jepit untuk ke kamar mandi dan saat mencuci. Sandal yang lebih formal digunakan saat berangkat ke masjid untuk belajar. Sandal jepit bahkan bisa disiapkan beberapa pasang untuk mengantisipasi jika putus sewaktu-waktu dan orang tua belum sempat menjenguk. Sepatu juga sangat penting.. Ada beberapa pesantren yang ketat sekali aturan nya.. saat masuk kelas tidak boleh memakai sandal... sepatunya sepatu hitam ya ayah bunda.. jangan lupa kasih juga nama di tempat yang bisa ditulis ya ayahnda bunda.. tapi jangan di kulit luarnya ya ayahnda bunda.. ntar anak nya putra dan putrinya nggak mau memakainya lagi.. hehe

7. Perlengkapan Toiletris

     Ayahnda bunda.. barangkali sudah tahu  perlengkakan toiletris seperti sikat gigi, pasta gigi, sabun, shampoo termasuk handuk dan gayung jangan sampai lupa masuk daftar nya ya ayahnda bunda...

8. Perlengkapan Mencuci

Sebelum berangkat kepondok pesantren ayah dan bunda menjelaskan pada putra dan putrinya ya konsekwensi memilih masuk ke Pondok Pesantren adalah mencuci sendiri. Mau ga mau ayahnda bunda pun harus menyiapkan perlengkapan untuk kegiatan ini, seperti ember, detergen, softener, hingga sikat baju. Tiap bulan ayah dan bunda pasok lagi sesuai kebutuhan. Nah hal tersebut bagi pesantren yang tidak menyiapkan tempat pencucian sendiri ya ayah bunda.. sekarang juga sudah banyak pondok pesantren yang sudah memiliki Laundry sendiri..( Pesantren Terpadu Serambi Mekkah contohnya ) bahkan mesin cucinya puluhan bahkan ada yang ratusan dan karyawan nya juga banyak...

     Oh ya, ayahnda  bunda jangan lupakan gantungan baju. Keliatan sepele, tapi cukup penting untuk menggantung baju yang belum kotor atau mau dipakai ulang. Berguna juga untuk menggantung baju yang akan dicuci. Jadi, ayahnda bunda siapkan saja gantungan ini sekitar 1 lusin supaya aman.

9. Perangkat Tidur

       Perlengkapan tidur seperti sprei, sarung bantal, sarung guling perlu masuk daftar. Termasuk siapkan juga bantal guling, karena umumnya pihak pesantren hanya menyiapkan ranjang plus kasur saja, tetapi pada pondok pondok pesantren Modern ( Pesantren Terpadu Serambi Mekkah ) semuanya sudah disiapkan selebihnya kita yang membawa sendiri. Siapkan 2-3 set sprei untuk cadangan. Siapkan juga baju tidur atau baju sehari-hari yang akan dipakai selagi tidak berkegiatan di masjid. Bisa baju tidur atau baju biasa yang hanya boleh dikenakan di kamar saja.

10. Pakaian Dalam

Naahh ini benda wajib Ayahnda bunda yang tak boleh ketinggalan. Siapkan selusin sekaligus jika perlu, supaya tidak repot gonta ganti saat tak sempat mencuci akibat padatnya jadwal belajar.

11. Perlengkapan belajar

      Ayahnda bunda sebagai santri, tentu saja perlengkapan tulis dan belajar wajib disediakan. Macam buku tulis, pensil, bolpen, rautan, penghapus dan tentunya tas buat sekolahnya ya Ayah dan bunda

12. Celana Panjang

       Hampir lupa sama benda yang satu ini. Celana panjang wajib disiapkan setidaknya 4-5 potong, celana nya celana bahan ya Ayah dan bunda.. jangan celana jeans ya.. Dipondok Pesantren biasanya nggak boleh memakai celana Jeans... Santri pondok umumnya tidak boleh menggunakan celana pendek selagi berkegiatan di luar kamar, untuk itu perlu disiapkan beberapa potong celana panjang sebagai cadangan.

Untuk santri putri perlu disiapkan juga beberapa potong rok panjang karena santri putri biasanya tidak diperkenankan menggunakan celana, kecuali ditutupi rok panjang. Bisa juga disiapkan gamis untuk variasi.

Naahh itu kira-kira benda-benda yang perlu disiapkan saat akan masuk Pondok Pesantren ya ayah bunda..

Sekali lagi Ayah bunda... Jangan lupa, semua benda perlu diberi tanda atau nama agar tidak tertukar. Namanya tinggal ramai-ramai dan kemungkinan benda yang dipakai hampir sama, jadi perlu diberi tanda kepemilikan :). Supaya kalau hilang atau tertukar, gampang mencarinya.

Benda-benda berbahan kain seperti baju, sarung, dsb bisa dibordir nama atau ditulis dengan spidol pada tempat tersembunyi. Untuk benda keras seperti ember, gayung, sandal, tandai dengan tip-ex atau spindol tahan air. Atau bisa juga diukir atau gores dengan pisau.

Semoga membantu!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar