Senin, 11 Mei 2015

" BAGAIMANA BERFIKIR BESAR "

Oleh : Suhefriandi,Spd,MM,Ch,Cht
Pesantren Terpadu Serambi Mekkah

     Pemikir besar adalah Para spesialis yang menciptakan gambaran positif, berwawasan maju dan optimis, dalam pikirannya sendiri dan orang lain. Untuk berfikir besar, kita harus menggunakan kata kata yang menghasilkan citra besar dan positif.

Coba anda bedakan kalimat berikut

Kalimat yang menghasilkan pikiran kecil dan negatif, kalimat yang menghasilkan gambar pikiran besar dan positif

1. Negatif : Itu tidak berguna, kita        tersingkir.

    Positif : Kita belum tersingkir, mari kita terus mencoba, ini adalah satu sisi yang baru yang harus kita taklukan.

2. Negatif  : Saya pernah berusaha di bidang itu dan ternyata saya gagal. Saya tidak akan pernah mencobanya lagi

    Positif    : Saya gagal dan bangrut, tapi itu adalah kesalahan saya sendiri, saya akan mencoba nya lagi

3. Negatif  : Saya pernah mencoba tapi produk itu tidak mempunjai daya jual. Orang dan pasar tidak menginginkannya.

    Positif    : Sejauh ini saya belum dapat menjual produk tersebut. Tapi saya sangat yakin produk tersebut sangat bagus dan saya akan menemukan rumus yang akan memperbaiki cara menjual nya..

4.  Negatif  : Pasar itu menjenuhkan. Bayangkan, 75% dari potensi aset sudah terjual. Lebih baik meninggalkan pasar ini

    Positif    : Bayangkan 25 % pasar itu masih belum terjual. Ini kelihatan nya measih memiliki peluang  besar untuk bangkit.

5. Negatif  : Pesanan mereka kecil. Tolaklah.

    Positif    : pesanan mereka kecil. Mari kita memetakan rencana untuk menjual lebih dari kebutuhan yang mereka butuhkan

6. Negatif  : Lima tahun terlalu lama karir saya agar menduduki posisi teratas di perusahaan Anda.

    Positif    : Lima tahun tidak terlalu lama. Pikirkan lah, saya memerlukan 30 tahun bekerja pada tingkat teratas..

7. Negatif  : Persaingan itu habis habisan. Bagaimana anda dapat mengharapkan saya menjual melawan mereka.

    Positif    : persaingan sangat kuat. Tidak mungkin mengabaikan nya. Tapi tidak ada orang bisa meraih semua keuntungan. Jadi mari kita menggumpulkan pikiran tentang cara untuk mengalahkan mereka dakam permainian mereka sendiri

8. Negatif  : Tidak ada otmrang yang mengingunkan produk itu.

    Positif    : Dalam bentuk sekarang ini, mungkin tidak dapat di jual, tetapi mari kita perbaiki lebih mantap lagi

Empat cara mengembangkan perbendaharaan kata dari para pemikir besar.

1. Gunakan kata kata yang besar, positif dan menyenangkan untuk menjelaskan perasaan Anda.

2. Gunakan kata kata dan frasa yang terang ( tidak suram ) , ceria dan menyenangkan untuk menggambarkan orang lain.

3. Gunakan bahasa yang positif untuk mendorong orang lain.

4. Gunakan kata kata positif untuk menjelaskan rencana Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar