Selasa, 17 Maret 2015

" KETULUSAN DO'A IBUNDA IMAM BUKHARI "

Ibu Imam Bukhari Ketulusan Do'a Seorang Ibu

        Abu Abdillah Muhammad bin Isma'il bin Ibrahim atau lebih kita kenal dengan nama Imam Bukhari lahir pada bulan syawal, tahun 194 Hijiriyah.

      Kisah pengembaraannya dalam menimba ilmu hadits ke berbagai pelosok negeri begitu menakjubkan. Demikian juga kehati-hatiannya dalam menuliskan hadits juga sangat mengesankan. Hingga akhirnya lahirlah dari tangannya sebuah karya fenomenal dalam bidang hadits yang tidak asing lagi bagi ummat Islam, Kitab Shahih Bukhari, sebuah kitab rujukan hadits nomor wahid sampai hari ini menurut sebagian besar ulama'.

      Sebuah kitab yang berkah ilmunya bisa dinikmati hingga sekarang. Tapi siapa yang menyangka kalau ternyata orang besar sehebat Bukhari itu pada masa kecilnya tidak bisa melihat. Dari situlah kesabaran kedua orang tuanya, terlebih ibunya diuji. Diuji untuk merawat buah hati sebagai amanah Allah, meskipun sebagian orang menganggapnya amanah yang tak sempurna, lantaran kondisi si buah hati yang tak bisa melihat. Tapi hal itu tidak memupuskan harapan seorang ibu kepada anaknya. Hal itu juga tidak mengurangi rangkaian rasa syukur kepada Allah Yang Maha Rahman dan Rahim.

      Muhammad bin Ahmad bin Fadhl al-Balkhi berkata: "Aku mendengar bapakku berkata: 'Kedua mata Muhammad bin Isma'il (Imam Bukhari) buta pada waktu kecilnya. Hingga suatu saat ibunya mimpi bertemu dengan nabi Ibrahim al-Khalil dalam tidurnya. Nabi Ibrahim itu berkata kepadanya: 'Wahai engkau perempuan! Sesungguhnya Allah telah mengembalikan penglihatan anakmu lantaran banyaknya tangisanmu (atau doamu – al-Balkhi sang perawi ragu antara keduanya), lalu pada pagi hari kami melihat, ternyata Allah telah mengembalikan penglihatannya."
(Kitab Thobaqotul Hanabilah jilid 1, halaman 274. kitab Tahdzibul Kamal halaman 1170. Thobaqotus Sabki jilid 2 halaman 216. Muqadimah Fathil Bari halaman 478).
Lafadh-lafadh doa yang jujur dari seorang ibu untuk buah hatinya, yang keluar dari lubuk hati yang tulus, dengan iringan linangan air mata yang murni, adalah menu spiritual dan ramuan spesial untuk keberhasilan seorang anak.

      Siapa lagi yang akan mendoakan buah hati kita sendiri dengan sepenuh hati kalau bukan kita, ibunya sendiri, yang telah mempertaruhkan nyawa saat hendak mengeluarkannya ke alam dunia?
Adalah benar yang disabdakan oelh Rasulullah Saw tentang macam-macam doa yang mustajab, yang akan didengar oleh Allah dan segera dikabulkannya, salah satunya adalah doa orang tua untuk anaknya.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ, قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: (ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لَا شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْمَظْلُومِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْوَالِدِ عَلَى وَلَدِهِ) رواه الترمذي.

      Dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah Saw bersabda: "Tiga doa yang mustajab (didengar oleh Allah) yang tidak ada keraguan lagi di dalamnya; Doa orang yang terdzalimi, doa seorang musafir dan doa orang tua untuk anaknya." (HR. Tirmidzi. Kitab Tuhfatul Akhwadzi, Hadits nomor 1828). (cahayasiroh.com)

Pesantren Terpadu Serambi Mekkah
Kota Padang Panjang Sumatera Barat
Menerima Santri/ Santriwati Baru
Tp. 2015/2016
Tingkat SMP-SMA-MA
Tlp PUSAT INFORMASI 0752 84169
web. www.pesantrenterpaduserambimekkah.sch.id
Panpage: Pesantren Terpadu Serambi Mekkah ( PTSM )
FB : Pesantren Terpadu Serambi Mekkah
Youtube : pesantren terpadu serambi mekkah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar