Senin, 30 Maret 2015

" SEHARI PENUH KEBAHAGIAN "

       suhefriandi
Pesantren Terpadu Serambi Mekkah

       Positif dan negatifnya pemikiran seseorang lebih banyak di pengaruhi oleh sugesti mereka sendiri. Kita tidak bisa mengubah kondisi di luar diri kita. Namun, kita bisa merubah cara berpikir kita yang secara sistematis dan secara tidak langsung bisa mempengaruhi sekitar kita. dengan sendirinya kondisi di sekitar kita akan menyesuaikan dengan cara berpikir kita.

       Pernahkah anda merasa sedih di pagi hari dan sepanjang hari mendapati diri anda semakin terpuruk dalam kesedihan. Namun jika anda mampu merubah diri anda dari rasa sedih menjadi semangat, itu akan merubah kondisi anda jauh dari kondisi di pagi hari. Apakah anda pernah melihat seseorang bersemangat sedih? Karena rasa semangat tidak bisa bersamaan dengan kesedihan. Kecuali anda pura-pura semangat atau pura-pura sedih.

        Ada lagi perasaan yang tidak bisa datang bersamaan, yaitu perasaan bersyukur dan mengeluh. Pernahkan anda mengeluh bersyukur? Ingat ketika mengeluhkan sesuatu, anda jauh dari syukur. Begitu juga sebaliknya, ketika anda bersyukur , anda tidak bisa mengeluh. Sekarang apa yang bisa disyukuri? Segalanya. Bahkan ujung kuku andapun layak disyukuri.

        Bukankah sulit bersyukur ketika terlilit hutang? Betul. Saya juga pernah mengalaminya. Dan rasa syukur saya tidak melunasi hutang saya. Tapi, ketika saya bersyukur tentang sehelai baju yang menutupi tubuh saya, saya bersyukur tentang sandal jepit saya, lalu saya mensyukuri keluarga saya. Lalu saya merasa damai dan bahagia. Dan perlahan-lahan kondisi keuangan saya membaik. Tidak secara langsung. Kegiatan mensyukuri tersebut saya lakukan setiap pagi sebelum melakukan pekerjaan. Dan hari-hari saya menjadi luar biasa.

        Pepatah china mengatakan jika kamu mencari kebahagian di luar sana, pasti tidak akan kamu temukan. Karena kebahagiaan itu ada dalam dirimu sendiri, hanya saja kamu belum mensyukurinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar