Kamis, 19 Maret 2015

" PESANTREN TEMPAT MEROBAH SIKAP "

Ditulis oleh : Indri Sukmawati Putri

( Santriwati SMA Uswatun Hasanah kelas X Pesantren Terpadu Serambi Mekkah )

     Berawal dari pertama melangkahkan Kaki di Pesantren Terpadu Serambi mekkah. Sebelum masuk ke Pesantren Terpadu Serambi mekkah, Aku di kenal sebagai anak yang bandel.. ya itulah julukan yang diberikan oleh orang orang yang pernah mengenalku, karna aku berperilaku seperti seorang anak yang tidak terdidik, dulu aku pernah membentak kedua orang tua ku, suka berkelahi, bergaul dengan teman teman lawan jenis, ya.. orang orang menganggap aku adalah seorang anak yang tomboy, suka keluar malam hari.

       Itulah aku dulu nya sebelum masuk Pesantren Terpadu Serambi mekkah sampai sampai kedua orang tua ku kewalahan menghadapi tingkah ku, tetapi itulah orang tua.. mereka selalu sabar menghadapi ku.. Aku sangat bersyukur karna memiliki orang tua seperti mereka di kehidupan ini. Aku adalah anak perempuan satu satu nya yang mereka miliki, ya.. ternyata aku tidak bisa membahagiakan mereka berdua, aku sering membuat mereka menanggis karena tingkah ku.. ya Allah.. Ampuni Hamba ya Allah.. Jaga orang tua Hamba ya Allah.. hamba sayang pada mereka ya Allah..

     Suatu hari aku jatuh sakit serta membutuhkan perawatan dirumah sakit, mereka bergantian menjaga ku.. kadang mereka tidak tidur, makan tidak teratur, setiap hari mereka selalu menghawatirkan ku.. ya Allah.. sayangi kedua orang tua hamba ya Allah..Aku sungguh menyesal ya Allah karna sebelum nya hari hariku selalu membuat mereka menanggis.. Dan aku berharap suatu hari nanti aku akan membuat mereka bangga, bangga dengan perubahan Akhlak ku, bangga dengan semua prestasi prestasi ku.. aku ingin menjadi seorang anak perempuan kebanggan mereka.. suatu hari di rumah sakit mereka meminta sesuatu permintaan pada ku.. ya.. agar aku melanjutkan pendidikan ku di sebuah pesantren ya.. Pesantren Terpadu Serambi mekkah..

     Permintaan orang tua itu membuat aku terasa tersambar petir.. Terbayang oleh ku suasana pesantren yang sangat disiplin.. aku menatap wajah mereka dalam dalam.. ku tarik nafas dan ku katakan pada mereka aku tidak bisa menerima permintaan mereka..  aku ingin melanjutkan pendidikan ku di SMA Umum saja.. " Sempat lagi terfikir oleh ku.. apakah mereka belum bisa memaafkan ku dengan sikap ku yang sebelum ini.. Apakah mereka membenciku sampai sampai harus mengirimku ke pondok pesantren.. orang tua ku memberikan pengertian dan bercerita panjang lebar dengan ku tentang Agama.. aku sudah mulai melunak, tapi aku tetap tidak mau bersekolah di pesantren, Orang tua ku tetap ingin menyekolahkan ku di pesantren... aku tetap tidak mau.. ya.. aku melihat wajah mereka dalam dalam.. ada sesuatu yang tidak bisa ku jelaskan tapi sangat kuat perasaan itu kurasakan..
Aku sangat sayang pada mereka...

      Ya.. mau gimana lagi, aku menerima keputusan mereka, mereka menawarkan banyak pesantren pada ku.. agar aku bisa memilih.. aku memilih  Pesantren Terpadu Serambi mekkah, feelingku memilh Pesantren Terpadu Serambi mekkah.. Pada awalnya aku ogah ogahan dan malas malasan menjalani nya..

     Tiba lah saat nya aku akan di antarkan oleh orang tua ku menuju Pesantren Terpadu Serambi mekkah, pertama memasuki gerbang Pesantren Terpadu Serambi mekkah ada sesuatu perasaan yang luar biasa yang ku rasakan aku melihat berkeliling.. " disinilah aku akan melewati hari hari ku berikutnya.. tibalah saatnya aku diantarkan memasuki asrama putri, aku memasuki gerbang itu dengan perasaan yang sangat sedih, suatu perasaan yang belum pernah kurasakan sebelumnya..

       Sesampai di depan asrama, ada beberapa umi umi ustadzah tersenyum menyambut kami.. aku dan orang tua ku di antarkan ke kamar asrama ku.. ku liat santriwati lain.. tidak ada satupun yang ku kenali.. semua nya asing bagi ku.. semuanya orang orang baru ku temui di sini, orang tua ku mulai memasukan semua barang barang ku ke lemari yang telah di siapkan oleh pesantren, setelah semua selasai, orang tua ku pun pamit dan akan meninggalkan ku sendirian di sini.. tahukah kalian bagaimana perasaan ku saat itu.. ( hanya mereka yang pernah tinggal di pondok lah yang bisa nerasakan nya.. ) tapi kami beruntung.. dengan seusia ini kami sudah harus mandiri.. ku lihat berkeliling.. bahkan ku temui ada yang jauh lebih kecil dari ku mereka lah. Santriwati santriwati tangguh.. adik adik tingkatku yang kelas 7 SMP.. Waah mereka sangat luar biasa... ternyata mereka lebih kuat dan berjiwa tangguh dari ku...

     Setelah orang tua ku meninggalkan ku di asrama.. perubah kehidupan ku terjadi 180 derajat.. disini kami semuanya di atur, di sini kami tidak boleh membawa hanphone, buku buku komik, buku majalah, buku novel, alat alat elektrinolik lain nya.. saat itu yang ada di tangan ku adalah sebuah AL-QUR'AN..

     Di Pesantren Terpadu Serambi mekkah ini ku jalani kehidupan ku yang luar biasa ini.. aku berterima kasih pada orang tua ku karna telah menitipkan ku di sini.. di sini aku memiliki banyak teman, suka, senang, sedih kami jalani bersama sama, disini kami diwajibkan ke masjid jam 4 subuh untuk Melaksanakan dan membiasakan diri untuk Sholat Tahajjud, baca Qur'an, Menghafal Qur'an, halaqah bersama umi umi mentor di mesjid, sholat subuh berjama'ah, membaca Asmaul Husna bersama sama di mesjid, dan padat sekali kegiatan kami sampai sore dan malam hari... Terima kasih ya Allah.. Engkau telah tempatkan Hamba MU ini di sini... disini lah di Pesantren Terpadu Serambi mekkah ini hamba banyak mengenal tentang Agama mu ini ya Allah.. di sinilah hamba bisa merobah sikap hamba yang selama ini sudah salah...

     Di Pesantren Terpadu Serambi mekkah inilah aku bisa jadi lebih baik, aku bisa lebih mandiri, aku rutin setiap hari baca Qur'a, belajar mengendalikan diri, belajar mengendalikan emosi, belajar pentingnya kedisiplinan dalam kehidupan, rajin belajar...

Kawan kawan ku.. Sudah saatnya... kalian kembali.. kembali lebih baik..

Pesantren Terpadu Serambi Mekkah

Kota Padang Panjang Sumatera Barat
Menerima Santri/ Santriwati Baru 
Tingkat SMP-SMA-MA
Tlp PUSAT INFORMASI 0752 84169
web. www.pesantrenterpaduserambimekkah.sch.id
Panpage: Pesantren Terpadu Serambi Mekkah ( PTSM )
FB : Pesantren Terpadu Serambi Mekkah

Youtube : pesantren terpadu serambi mekka      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar