Rabu, 22 April 2015

BERFIKIR DAN BERJIWA BESAR

Bagaimana Supaya Bisa Berpikir dan Berjiwa Besar..?

Berpikir Dan Berjiwa Besar

Suhefriandi

Berbicara tentang berpikir dan berjiwa besar saya jadi teringat ketika suatu saat saya menghadapi masalah yang cukup membebani pikiran, saya bertemu dan berbicara dengan seorang guru, lalu saya ceritakan semua permasalahan yang sedang dialami. Langsung saja beliau menunjuk pada segelas air putih yang ada dihadapannya seraya mengangkat gelas tersebut. Beliau bilang : “Gelas ini adalah perumpamaan diri kamu, Jika kau ambil segenggam garam lalu kamu masukan garam ini kedalam gelas ini kemudian kamu aduk garam tersebut pasti akan terasa asin bahkan pahit, Tapi jika kamu lemparkan segenggam garam itu ke kolam renang maka akan tetap terasa tawar”, Artinya bukan masalahnya yang besar akan tetapi jiwa dan pikiran kita yang sempit. Maka supaya bisa menghadapi masalah apapun, jiwa dan pikiran kita harus lebih besar dari masalah itu.

Kata-kata tersebut sangat menginspirasi saya untuk  senantiasa menambah kapasitas diri untuk terus memperbesar kapasitas jiwa dan pikiran ini.

      Ada sedikit  Tips supaya kita bisa mulai belajar berpikir dan berjiwa besar . Semoga saja bermanfaat bagi temen-temen pembaca semua.

Berpikir dan Berjiwa Besar , Bagaimana Caranya?

1. Bergaullah dengan orang-orang yang Besar

Bukan berarti bergaul dengan orang yang badannya besar ya, tapi bergaulah dengan orang-orang yang memiliki jiwa besar. Seperti apa sih ciri-ciri orang yang berpikir dan berjiwa besar itu? Diantara ciri-ciri orang tersebut yaitu :

- Yang dia bicarakan selalu hal-hal yang positif, jauh dari yang namanya keluhan

- Orangnya sangat pemaaf, dan mudah meminta maaf

- Orangnya rendah hati dan tidak membeda-bedakan siapapun

- Orangnya Kreatif, Solutif  dan tidak Penakut

- Biasanya orang tersebut punya impian atau visi yang besar

- dan lain-lain lah.. silahkan tambahin ya.. 

2. Bacalah buku-buku yang membangun Jiwa dan Pikiran

Banyak sekali buku yang beredar yang isinya adalah tentang pengembangan diri. Buku-buku tersebut akan menjadi sumber inspirasi dan sumber penggerak. Salah satu buku yang saya rekomendasikan adalah “Bagaimana Berpikir dan Berjiwa Besar” karangan David J.Schwartz. Atau baca buku orang-orang yang sukses, jadikan kesuksesan mereka sebagi inspirasi buat kita. Pokonya pesen saya adalah ” JANGAN MALAS BACA BUKU..!!” , karena anda hari ini dan anda 5 tahun kedepan adalah sama saja, kecuali LINGKUNGAN yang ada di sekitar anda dan BUKU-BUKU yang anda Baca.

“Apa yang anda baca akan mempengaruhi pikiran  anda, pikiran anda akan mempengaruhi tindakan anda, dan tindakan anda akan mempengaruhi nasib anda”

3. Ingin Berpikir dan Berjiwa Besar MAKA Bermimpilah yang Besar

Mimpi itu adalah hal yang gratis, namun bagi sebagian orang mimpi aja ga berani. Berani bermimpi besar akan mendorong pikiran dan jiwa kita tambah besar. Untuk mampu berpikir dan berjiwa besar harus dimulai dengan mimpi. “Mimpi Adalah Kunci, Untuk kita Menaklukan Dunia” itu beneran bukan boong-boongan. Terbukti orang-orang yang membawa perubahan besar di Dunia ini adalah orang-orang yang punnya mimpi besar. Jadi coba cek impianmu sekarang, sebesar apa Impian anda saat ini? Jawab masing-masing aja ya.

Bagaimana ya supaya punya mimpi yang besar? Sederhana  saja, yaitu mulai dari “khayalan tingkat tinggi”, hehe kayak judul lagu peterpan aja. Pokoknya apa yang anda inginkan dalam hidup anda harus sesuatu yang kelihatannya tidak masuk akal, dan tak usah takut ditertawakan orang. Ga usah terlalu dipikirkan bagaimana cara mencapainya, nanti Tuhan kita yang akan menuntun kita. Tugas kita adalah punya keinginan dan impian. Kalo impian kita setinggi langit minimal gunung udah bisa kecapai, tapi kalo impian kita setinggi pohon toge paling-paling bisa manjat pohon kencur.. Eh Btw emang toge ama kencur ada pohonnya? terserahlah pikirin aja sendiri, hehe…

Nah itu sedikit share tentang bagaimana kita mulai membangun pikiran dan jiwa besar. Saya doakan orang yang membaca tulisan ini menjadi orang -orang yang bisa berpikir dan berjiwa besar.. Ayo teriak semuanya…. Amiiinnn……!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar