Senin, 13 April 2015

" EMPAT SIFAT CALON PENGHUNI SURGA "

IBNUL QAYYIM

Calon Penghuni Surga Terlalu banyak pelajaran dapat diambil dari buku ini, antaranya. Setidaknya ada empat sifat calon penghuni surga:

Pertama. Awwab, yaitu orang --orang yang senantiasa bertaubat kepada Allah dari maksiat menuju ketaatan, dari lalai menjadi ingat kepada Allah. Ubaid bin Umair berkata, Istilah awwab pada dasarnya ditujukan kepada seseorang yang mengingat dosa-dosanya lalu beristigfar memohon ampun kepada Allah. Ada pun Sa'id bin al-Musayyib menjelaskan, Awwab artinya, orang yang berbuat dosa kemudian bertaubat, lalu berbuat dosa lagi, dan diakhiri dengan taubat!

Kedua. Hafizh, menurut Ibnu Abbas adalah orang yang pandai menjaga amanat Allah yang dititipkan padanya. Qatadah berpendapat, Pandai menjaga hak dan nikmat Allah yang dititipkan padanya. Pada hakikatnya, dalam jiwa setiap insan terdapat dua kekuatan: kekuatan meminta dan kekutan menahan diri. Orang yang bersifat awwab adalah yang menggunakan kekuatan meminta tatkala kembali pada Allah, mengharap ridha dan mentaati-Nya. Sedang orang yang bersifat hafisz adalah orang yang menggunakan kekuatan menahan diri ketika menghindari maksiat dan larangan-Nya. Jadi, seorang hafizh adalah orang yang pandai menahan diri dari segala yang diharamkan Allah, sementara seorang awwab yang senantiasa kembali pada Allah dengan ketaatan pada-Nya. 

Ketiga. Khaasyi ar-Rahman, adalah orang yang takut dan tunduk kepada Allah yang Maha Pengasih, sebagaimana friman Allah 'man khsyia ar-rahman bil ghaib'. Orang-orang yang takut kepada Allah yang Maha Pengasih sekalipun tidak kelihatan. Ayat ini mengandung pengakuan seseorang terhadap eksistensi Allah dan rububiyah-Nya, kekuatan, dan ilmu-Nya secara terperinci. Terkandung pula pengakuan akan kitab-kitab Allah, para rasul-Nya, serta perintah dan larangan-Nya, juga terkandung pengakuan terhadap janji Allah serta ancaman dan perjumpaan dengan-Nya. Karena itu, tidak sah pengakuan takut seseorang pada Allah melainkan dengan mengakui semua ini. 

Keempat. Qalbun Munib. Ciri lainnya penguni surga adalah "wa ja'a biqalbin munib". Dia datang dengan hati yang bertaubat. Ibnu Abbas berpendapat, Yakni kembali kepada Allah dari perbuatan-perbuatan maksiat, lantas melakukan ketaatan, menunjukkan kecintaan, dan bersimpuh kepada-Nya. Keempat tipe penghuni surga di atas akan mendapat tawaran, Udkhuluha bisalam dzalika yaumul khulud. Lahum ma yasya'una fiha wa ladaina mazid. Masuklah ke dalam surga dengan aman dan damai. Itulah hari yang abadi. Mereka di dalamnnya memperoleh apa yang mereka kehendaki, dan pada Kami ada tambahannya. Secara detail, ciri-ciri penghuni surga di atas terdapat dalam Al-Qur'an Surah Qaf, ayat 31-35, (hlm. 193-195). Kafir Penghuni Neraka Ibnul Qayyim memaparkan beberapa sifat orang kafir dengan bersandar pada Al-Qur'an Surah Qaf 25-30. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar