Minggu, 15 Maret 2015

" NILAI LUHUR SEBUTIR NASI, JANGAN MUBAZZIR ".

    Oleh : Suhefriandi

        Para Santri / Santriwati Pesantren Terpadu Serambi Mekkah yang sholeh dan sholeha, Setiap hari kita disediakan oleh pesantren makan 3 X sehari, Sarapan Pagi, Makan Siang, Makan malam, Tentunya kita harus lebih banyak bersyukur, ada diantara kita yang selalu tidak mengerti tentang nilai luhur dari sebutir nasi, ada yang mengambil makanan melebihi tingkat kebutuhan nya.. Nasi membumbung tinggi dalam sebuah piring, dan kebanyakan dari nasi itu bahkan lebih separoh semuanya terbuang sia sia karena tidak sanggup lagi di habiskan.

      " Saya paling tidak suka melihat satu butir nasi saja terbuang dari piring kalian, saya tidak melarang kalian mengambil nasi sangat banyak, tetapi kalian harus menghabiskan nya dengan baik, mau kalian mengambil 2 piring 4 piring nasi tidak masaalah asalkan kalian habiskan.. jangan pernah membuang buang makanan " ( H. Bahar Yusuf dt. Rajo Bukik, ketua yayasan Pendidikan Bahar Yusuf Pesantren Terpadu Serambi mekkah )  

         ALLAH TIDAK MENYUKAI ORANG-ORANG YANG BOROS DAN BERLEBIH-LEBIHAN 6 : 141 | 7 : 31

QS. Al-'An`am [6] : 141`Ibn Katsir

۞ وَهُوَ ٱلَّذِىٓ أَنشَأَ جَنَّٰتٍ مَّعْرُوشَٰتٍ وَغَيْرَ مَعْرُوشَٰتٍ وَٱلنَّخْلَ وَٱلزَّرْعَ مُخْتَلِفًا أُكُلُهُۥ وَٱلزَّيْتُونَ وَٱلرُّمَّانَ مُتَشَٰبِهًا وَغَيْرَ مُتَشَٰبِهٍ ۚ كُلُوا۟ مِن ثَمَرِهِۦٓ إِذَآ أَثْمَرَ وَءَاتُوا۟ حَقَّهُۥ يَوْمَ حَصَادِهِۦ ۖ وَلَا تُسْرِفُوٓا۟ ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُسْرِفِينَ

        Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.

    QS. Al-'A`raf [7] : 31`Ibn Katsir Asbabun Nuzul

۞ يَٰبَنِىٓ ءَادَمَ خُذُوا۟ زِينَتَكُمْ عِندَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا۟ وَٱشْرَبُوا۟ وَلَا تُسْرِفُوٓا۟ ۚ إِنَّهُۥ لَا يُحِبُّ ٱلْمُسْرِفِينَ

Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.

      Anak anak kami santri dan santriwati yang sholeh dan sholeha, mari kita mencoba untuk menghitung berapa banyak nasi yang terbuang setiap hari..

Jumlah Santri / Santriwati Pesantren Terpadu Serambi +/- 800 Orang

Kalau 1 hari 3 x makan dan sekali makan setiap orang membuang 1 butir nasi saja, berarti setiap hari ada 3 butir nasi yang dibuang oleh tiap orang.
Maka: 3 butir x 800.= 2.400 butir nasi terbuang setiap hari.

Ternyata setelah dihitung, dalam 1 kg beras terdapat +/- 50.000 butir, maka 2.400/50.000 = 0,048 kg beras dibuang setiap harinya.

Kalau 1 kg beras cukup untuk makan 10 orang, maka 0,048 kg x 10 orang = cukup untuk makan bagi 48 orang. Artinya beras yang terbuang tiap hari mampu untuk memberi makan 48 orang.

Coba kita lihat lebih luas lagi...

Jika seluruh penduduk dunia berjumlah 6,5 miliar dan tiap hari membuang 3 butir nasi, maka dalam 1 hari nasi yang terbuang adalah 390.000 kg (390 ton) atau cukup untuk memberi makan 3.900.000 orang.

Fantastik, kan??
Ironisnya, menurut data FAO PBB, setiap hari ada 40.000 orang meninggal karena kelaparan, di dunia ini. Oleh karena itu, ingatlah! Sebutir nasi, tidak mudah dihasilkan. Sebutir nasi = sejuta keringat!
Jangan sia-siakan sebutir nasi.    

Pesantren Terpadu Serambi Mekkah
Kota Padang Panjang Sumatera Barat
Menerima Santri/ Santriwati Baru 
Tp. 2015/2016
Tingkat SMP-SMA-MA
Tlp PUSAT INFORMASI 0752 84169
web. www.pesantrenterpaduserambimekkah.sch.id
Panpage: Pesantren Terpadu Serambi Mekkah ( PTSM )
FB : Pesantren Terpadu Serambi Mekkah
Youtube : pesantren terpadu serambi mekkah

Salam sukses, luar biasa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar