Jumat, 13 Maret 2015

" PESANTREN BUKANLAH PENJARA HIJAU MELAINKAN TEMPAT SUCI. "

Oleh : Suhefriandi

Sebuah Tulisan inspiratif oleh Kiki Hartini
( Santriwati SMA USWATUN HASANAH Pesantren Terpadu Serambi Mekkah kota Padang Panjang yang berasal dari Bangko Provinsi Jambi )

      Ketika saya mengatakan kata PESANTREN, apakah yang terlintas di fikiran kita bersama.. Pasti, pertama kali yang langsung terbersit di fikiran kita bersama adalah Pesantren Sebagai sebuah Penjara yang di peruntukan untuk anak anak nakal dan yang kurang perhatian dan kasih sayang dari orang tuanya.

      Banyak yang berfikir bahwa Pesantren merupakan tempat pembuangan dan banyak yang berfikir bahwa pesantren itu kuno, udik, nggak modern, nggak gaul, bahkan di pesantren itu hanya mempelajari tentang ilmu Agama saja.

Ketika kita berfikir bahwa pesantren adalah hal yang negatif seperti itu, pasti yang akan terasa dalam benak kita adalah perasaan terkekang karena segala sesuatu hal yang kita lakukan harus mentaati peraturan dan segala macam kedisiplinan.

Kita merasa jenuh dan bosan bahkan merasa terkekang, sampai sampai kita memutuskan mengambil jalan untuk berusaha cabut dari pesantren saat tidak mendapat perizinanan meninggalkan asrama. Bahkan yang lebih parah lagi, karena sebuah pesantren yang identik dengan warna nya yang HIJAU, sehingga ada yang Menyebut nya " PENJARA HIJAU " .
     Namun... Tahukah engkau wahai saudara ku.. Bahwa sesungguhnya pesantren bukan lah seperti yang kalian fikirkan.

      Coba renungkan sesaat wahai saudara ku..ketika kita berfikir yang positif tentang pesantren. Pesantren adalah tempat yang paling tepat dan baik untuk kita karna dari pesantren lah akan tercipta para pemimpin pemimpin yang jujur dan adil, dari pesantren lah akan lahir para ulama ulama besar, dari pesantren lah ditempanya para penghafal penghafal Quran dan dari pesantren lah lahirnya para pembawa panji panji agama islam, Para penegak dan penolong agama ALLAH, di pesantren lah kita di didik untuk berintelektual tinggi dan  berwawasan luas.. di Pesantrenlah kita dapat belajar membaca dan menghafal Al-Quran, penghafal Ayat ayat ALLAH Ta'alla, di pesantrenlah kita bisa belajar mulai dari ilmu agama bahkan ilmu umum sekalian, dan dipesantren lah kita dituntut oleh masyarakat untuk menjadi yang terbaik diantara tang baik.

Wahai Para pejuang AGAMA ALLAH, dengan berada nya kita di pesantren kita dapat terjaga dengan baik...
" Kita bagaikan seorang pangeran dan seorang putri di sebuah kerajaanyang selalau di jaga 24 jam dari pengaruh hal hal yang buruk dari dunia luar, kita bagaikan sebuah cangkir cantik yang di hiasi oleh ornamen yang padu akan tetapi untuk bisa sempurna menjadi sebuah cangkir cantik itu tidaklah semudah yang kita bayangkan, kita harus ditempa dan diproses terlebih dahulu agarnya hasilnya cantik seperti yang diharapkan, untuk itu bersabarlah ketika kita melewati sebuah proses yang sulit untuk kita lalui.. semuanya akan indah pada waktunya... yakinlah bahwa suatu ketika kita telah menjadi sebuah cangkir cantik itu, semua orang melihat mu, semua orang ingin memiliki mu dan semua orang akan mengharapkan kehadiranmu..

     Wahai para khalifah di bumi ALLAH
jika kalian saat ini mengatakan bahwa pesantren seperti sebuah penjara, yang mana kamu berada terkurung di sebuah komplek sekolah, dan harus minta izin kemanapun kamu akan pergi, bahkan keluar gerbang asramapun harus minta izin, yang mana kamu harus mentaati semua aturan yang ada saya katakan itu benar.. Namun penjara yang saya katakan bukan lah penjara hijau menurut pemikiran kalian, melainkan sebuah tempat suci yang membuat kita semua terjaga dengan baik, msmberikan kita banyak pengalaman dan yang membuat saya lebih mendekatkan diri pada ALLAH TA'ALLA dwngan keimanan, ketaqwaan dan kecintaan akan ALLAH AZZA WAJALLA, menunjukan pribadi yang menawan, dan berkreasi di dalam kehidupan..

" Bukan pesantren yang menghancurkan segala mimpi mimpi dan harapan harapan kita
Tetapi pesantrenlah segala mimpi mimpi dan harapan akan terwujud menjadi nyata."

wassallam
Pesantren terpadu serambi mekkah padang panjang menerima santri/santriwati baru
Tp. 2015/2016
SMP-SMA-MA
tlp. 0752 84169

      

1 komentar:

  1. keren dan bagus sekali, bisa kita jadikan sebuah motivasi di kehidupan kita.
    dan semua yg di katakan di dalam tulisan ini emng2 bener2 real, hanya orang yg berfikiran positif akan menerima hal2 yg positif, dan sebaliknya orang yg berfikiran negatiflah yg akan menerima semua hal2 negatif yg di pikirkan nya, pikiran lah yg mencerminkan siapa diri kita sebenarnya.
    keren banget, teruss semngat santri/at yg di pesantren.

    BalasHapus